Minggu, 31 Januari 2016

Pengalaman Berbelanja di Lazada (Part 1)


Halaman website :  www.lazada.co.id

Desktop version                                           : Tersedia
Mobile version                                             : Tersedia
Aplikasi di Google Playstore                         : Tersedia
Aplikasi di Apple App Store                         : Tersedia
Check out sebagai tamu (one time purchase) : Tidak tersedia

Best time to shop :
Senin                                          : diskon untuk pengguna Mastercard
Weekend                                    : dengan menggunakan kode diskon
Menjelang hari spesial tertentu     : Harbolnas, Menjelang Lunar Day, Menjelang Hari Raya

Promo Berlangsung (Tanggal 4 Februari 2016) :
Via Aplikasi
- Diskon 20%. Maksimum diskon Rp 30.000. Kode Voucher BANANA20.
- Diskon 60K. Minimum pembelian Rp 500.000 hingga Rp 1.499.000. Diskon Rp 60.000. Kode Voucher BANANA60.
Barang yang dijual : Almost everything you can think of, you name it they might have it.
Gadget dan turunannya, Peralatan rumah tangga dan turunannya, Fashion, lainnya.

Brief History :
Grup Lazada adalah perusahaan berbasis e-commerce yang bermarkas di Singapura. Tahun 2011 menjadi tahun dimulanya berdiri grup ini dengan founder Rocket Internet dan mulai meniti tujuannya “ Menjadi Amazon.com di Asia Tenggara”. Tahun 2014, situs Lazada mulai beroperasi di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam. Model bisnis dari Lazada adalah gabungan dari penjualan inventori dari gudang sendiri dan Marketplace yang merupakan kumpulan dari para penjual (pihak ketiga). (Sumber : Wikipedia)

Perspektif Pribadi :
Lazada menjadi portal online shopping pertama yang akan saya bahas. Kenapa? Karena Lazada adalah situs yang cukup sering saya kunjungi. Lebih dari 20 kali saya berbelanja di situs ini. Pembelanjaan hingga saat ini paling sering saya lakukan via portal aplikasi karena seringkali kode diskon tersedia hanya di aplikasi. Jika dirata-rata, pengalaman berbelanja di Lazada menurut saya tidak mengecewakan. Dari sekian banyak pembelanjaan, ada 1 kali dimana barang yang saya beli sangat jauh berbeda dari yang dideskripsikan di situsnya. Saat itu juga, saya menghubungi CS melalui email dan balasannya solutif tanpa bertele-tele. Barang tersebut saya kembalikan (dengan ongkir sendiri, karena barang dikirim bukan dari Lazada langsung melainkan dari seller pihak ketiga sehingga tidak ada stiker pengembalian dari Lazada) dan refund dana dikembalikan melalui cc saya karena saya melakukan pembayaran via cc.

Perhatian Khusus :
- Kode diskon. Lazada seringkali memberikan kode-kode diskon terutama di aplikasi. Kode tersebut biasanya terbagi untuk pembelian khusus elektronik dan non-elektronik. Always read carefully the term and condition, terutama di bagian minimum pembelian dan juga maksimum diskon yang diberikan. Contoh :
Kode diskon di aplikasi Lazada tanggal 1 Februari 2016 adalah
1.      Diskon 7% dengan kode MONKEY7 dengan keterangan MIN. BELI 500K MAX. DISKON 150K. Penggunaan kode tersebut berarti lakukan pembelanjaan lebih dari Rp 500.000 dan akan diberikan diskon sebesar 7% dengan nominal diskon maksimal adalah Rp 150.000.
2.      Diskon 15% dengan kode MONKEY15 dengan keterangan MIN. BELI 30K MAX. DISKON 30K. Penggunaan kode tersebut berarti lakukan pembelanjaan lebih dari Rp 30.000 dan akan diberikan diskon sebesar 15% dengan nominal diskon maksimal adalah Rp 30.000.

So, how it should work best between the two MONKEY? Berikut ilustrasi sederhananya :

Contoh pembelanjaan :
-          Mamypoko Popok Pants Extra Dry – XL 26 @ Rp 65.300 x 3         =    Rp 195.900
-          Philips HR1538-80 Mixer Berdiri – Putih – Oranye                            = + Rp 474.000
Total                                                                                                   =    Rp 669.900
Karena nilai pembelian total melebihi Rp 500.000 maka :
Diskon MONKEY7   7%xRp 669.900                                              = -  Rp   46.893
Yang dibayar buyer                                                                            =    Rp 623.007

Diskon MONKEY15 15%xRp 100.485 (tetapi Max diskon 30K)    = -  Rp   30.000
Yang dibayar buyer                                                                            =    Rp 639.900
Jadi, gunakan MONKEY7.

Contoh pembelanjaan :
-          Mamypoko Popok Pants Extra Dry – XL 26 @ Rp 65.300 x 4         =    Rp 261.200
Karena nilai pembelian total melebihi Rp 30.000 maka :
Diskon MONKEY7 tidak bisa digunakan karena kurang dari Rp 500.000

Diskon MONKEY15 15%xRp 261.200 (Rp 39.180)                        = -  Rp   30.000
Yang dibayar buyer                                                                            =    Rp 231.200
Kenapa Rp 30.000 ? Karena MAX. DISKON 30K
Jadi, gunakan MONKEY15.

-    Biaya pengiriman. Lazada memberlakukan banyak zona bebas ongkir kirim bahkan untuk nominal pembelian di bawah Rp 50.000. Terkadang bebas ongkir tersebut, jika barang dijual oleh pihak ketiga, tergantung pada penjual. Jadi lihat dengan seksama ongkos kirim yang diterapkan oleh penjual. Misal AC yang sama dijual oleh Penjual A Rp 2.000.000 dan Penjual B Rp 2.200.000, tetapi biaya kirim Penjual A sebesar Rp 300.000 sedangkan penjual B sebesar Rp 75.000, maka pada akhirnya justru harga AC oleh penjual B lebih murah daripada penjual A.

-    Diskon khusus. Lazada sering memberikan diskon khusus penggunaan kartu kredit atau debit dari bank tertentu. Seringkali diskon tersebut hanya berlaku untuk barang tertentu.

Yang perlu diperhatikan saat berbelanja :
1. Selalu usahakan membeli barang yang merknya sudah kita kenal untuk menghindari kekecewaan akibat ekspektasi berlebihan.
2. Pastikan ada fasilitas pengembalian barang dari seller (jika seller adalah pihak ketiga) bila kita tidak puas dengan barang yang dikirim.
3. Selalu pastikan tujuan transfer sesuai dengan yang tertera dilaman situs atau yang diinfokan ditiap proses akhir konfirmasi pembelian.
4. Perhatikan apakah perlu melakukan proses tambahan setelah selesai melakukan pembayaran atau transfer,misalnya konfimasi transfer.

Proses Pembayaran :
1. Bayar di Tempat. Tersedia hanya untuk barang-barang tertentu dan biasanya hanya berlaku untuk barang yang dijual langsung oleh Lazada.
Kelebihan : Langsung tahu saat itu juga kalau barang yang dibeli ada cacat atau tidak sesuai dengan harapan sehingga bisa membatalkan pembelian. Pembatalan harus dengan alasan yang logis.
Kekurangan : Bagi mereka yang bekerja atau seringkali bepergian maka akan susah untuk menentukan waktu dan tempat untuk ketemuan dengan kurir Lazada.

2. Bank Transfer. Tersedia untuk BCA ATM, Mandiri, BCA, BNI, CIMB Niaga, ATM Bersama.
Pemesanan dengan Bank Transfer memiliki tenggat waktu 24 jam. Lebih dari itu, pesanan akan dibatalkan.
Kelebihan : Bagi nasabah bank selain BCA, BNI, Mandiri, tetap bisa transfer menggunakan ATM Bersama. Sebagian orang lebih merasa safe jika dengan transfer.
Kekurangan : Harus menunggu proses klarifikasi dari Lazada setelah kita melakukan konfirmasi pembayaran.

3. Hellopay. Belum pernah mencoba.
Keterangan : helloPay adalah layanan pembayaran online secara aman dan instan - tanpa harus memasukan detail pembayaran Anda setiap kali transaksi. Belum punya akun ? Tidak masalah ! Anda juga bisa melakukan pembayaran dengan Kartu Kredit Visa/Mastercard dan Transfer Bank di helloPay.

4. DOKU Wallet. Belum pernah mencoba

5. Visa. Pembayaran dengan menggunakan kartu kredit berlogo Visa dari bank manapun bisa diterima (pastikan limit kartu kredit masih ada ya).
Info yang diperlukan :
- Nomor kartu kredit
- Nama di kartu kredit
- Tenggat waktu. Ini adalah expired date, terdiri atas 2 digit bulan dan 2 digit tahun yang tertera di cc.
- CVV. Ini adalah 3 angka yang tercetak di belakang kartu kredit. 3 digit ini harus dijaga kerahasiaannya karena hanya ini proses secure yang dilakukan Lazada ketika membayar dengan cc.
Akan ada pilihan untuk Simpan Informasi Kartu Kredit saya (centang jika mau). Pilihan ini berguna sebagai arsip kartu kredit mana saja yang pernah digunakan.
Bagi yang sudah pernah berbelanja menggunakan cc dan memilih untuk membayar dengan cc yang sama, tetap harus memasukkan Nomor kartu kredit dan Kode verifikasi (CVV).
Kelebihan : Praktis, cepat, tidak harus melakukan konfirmasi dan pesanan langsung terverifikasi saat itu juga.
Kekurangan : Mengingat banyaknya phising dan pencurian data kartu kredit saat ini sayangnya Lazada belum menerapkan proses Verified by Visa (OTP/One Time Password). Padahal cc yang digunakan tidak harus milik sendiri (nama di cc boleh berbeda dengan nama di akun profil Lazada).


6. Mastercard. Pembayaran dengan menggunakan kartu kredit berlogo Mastercard dari bank manapun bisa diterima (pastikan limit kartu kredit masih ada ya).
Info yang diperlukan :
- Nomor kartu kredit
- Nama di kartu kredit
- Tenggat waktu. Ini adalah expired date, terdiri atas 2 digit bulan dan 2 digit tahun yang tertera di cc.
- CVV. Ini adalah 3 angka yang tercetak di belakang kartu kredit. 3 digit ini harus dijaga kerahasiaannya karena hanya ini proses secure yang dilakukan Lazada ketika membayar dengan cc.
Akan ada pilihan untuk Simpan Informasi Kartu Kredit saya (centang jika mau). Pilihan ini berguna sebagai arsip kartu kredit mana saja yang pernah digunakan.
Bagi yang sudah pernah berbelanja menggunakan cc dan memilih untuk membayar dengan cc yang sama, tetap harus memasukkan Nomor kartu kredit dan Kode verifikasi (CVV).
Kelebihan : Praktis, cepat, tidak harus melakukan konfirmasi dan pesanan langsung terverifikasi saat itu juga.
Kekurangan : Mengingat banyaknya phising dan pencurian data kartu kredit saat ini sayangnya Lazada belum menerapkan proses Mastercard securecode (OTP/One Time Password). Padahal cc yang digunakan tidak harus milik sendiri (nama di cc boleh berbeda dengan nama di akun profil Lazada).